Wadah edukasi,pembelajaran,dan pembahasan seputar Komputer dan IT (Information Technology)

March 25, 2017

Tutorial Menghemat Kuota Data Internet Pada Windows

Assalamuallaikum Wr.Wb

Selamat jumpa para pembaca blog yang sederhana ini,.Oke langsung saja kali ini ane akan membagikan Tutorial yang mungkin sering dibahas oleh mastah-mastah lain,tapi tak apalah semoga saja dapat membantu.Yuk ah lanjut pada step by step nya:

Untuk menghemat penggunaan internet atau kuota yang digunakan pada OS Windows 7 Atau Windows 10 sebenarnya dapat kita lakukan dengan cara mematikan service atau layanan yang sebenarnya jarang digunakan atau malah sama sekali tidak pernah digunakan ,dapat dilakukan dengan cara

1.Tekan Windows+R Ketikkan services.msc
2.Maka akan tampil jendela service yang isinya merupakan layanan yang ada pada system operasi kita
Lalu service apakan yang akan kita disable
                a.Background Intelligent Transfer Service
                b.IP Helper
3Klik kanan pada service yang akan di disable – Klik Properties maka akan muncul Jendela untuk mengatur dengan catatan
                a.Startup Type    = Pilih Disable
                b.Service Status  = Pilih Stop
                c.Klik Apply-Lalu OK
3.Mematikan update Adobe Acrobat (Jika terinstall software tersebut)
Untuk mematikan update adobe acrobat maka dapat dilakukan dengan cara menghapus file update yang berada pada  “C:\Program Files\Common Files\Adobe\Updater\AdobeUpdater.exe”

4.Mematikan update check pada software yang mungkin terpasang seperti update Mozillia Firefox,Google Chrome.

5.Mematikan Task Scheduler yang menyita data Internet
Selain windows services, aplikasi atau program yang bekerja di belakang layar lainnya yaitu task scheduler juga bisa menyedot data internet. Silahkan ketik “schedule” pada pencarian di menu Start, setelah itu klik Task Scheduler. Di sana akan ditampilkan beberapa “Active Task” atau tugas aktif yang akan berjalan pada waktu-waktu tertentu sesuai jadwal. Beberapa di antara task tersebut akan menggunakan data internet, biasanya task yang berkategori updater. Task ini bisa terdiri dari aplikasi bawaan windows atau task yang dibuat oleh program pihak ketiga (software instalan). 

Untuk menon-aktifkan task schedule tersebut, klik dua kali pada nama task lalu klik kanan dan pilih disable. Silahkan pelajari terlebih dahulu fungsi dan kegunaan task scheduler tersebut sebelum mematikannya. Adapun beberapa program umum yang dari task scheduler yang memakai data internet diataranya: customer experience improvement, UsbCeip, KernelCeipTask, Consolidator, BthSQM, Routine Maintenacetak Skydrive (Windows 8), NetworkStateChangeTask, DiskDiagnosticDataCollector, dan lain lain terutama aplikasi jadwal update software instalan seperti Google chrome Update dan aplikasi sejenisnya.


Sekian tutorial singkat dan sederhana ini dari saya mudah mudahan dari yang sedikit ini dapat membantu agan-agan yang membutuhkan ,mengingat punahnya uang didompet diakibatkan kuota yang mahal,wkwkwk. Dan untuk lebih kompleksnya dalam Menghemat Kuota pada windows 10 maka ada sedikit tambahan mengingat windows 10 banyak sekali fitur yang memaksakan kita agar selalu terkoneksi dengan data internet.Cukup dari saya selamat erjumpa pada postingan yang akan datang.

Waallaikumussalam Wr.Wb 


Share:

0 comments:

Post a Comment

BTemplates.com

Powered by Blogger.

5 Rekomendasi Ultrabook Paling Tipis 2018

Ultrabook merupakan sebuah jenis laptop yang memimiliki nilai produktifitas tinggi, sehingga laptop dengan jenis ini sangat ideal jika digu...

Search This Blog

Blog Archive