Wadah edukasi,pembelajaran,dan pembahasan seputar Komputer dan IT (Information Technology)

April 16, 2017

Cara Install Windows XP

Assalamuallaikum Wr.Wb
Salam hangat dan jumpa kembali  tentunya untuk jumpa pertemuan kita pada postingan kali ini yang tentunya masih bersama-sama kita bahas mengenai tutorial demi tutorial yang akan kita bahas masih dengan seputar dunia Komputer tentunya baik yang mengarah pada sisi Hardware atau Software,dan semoga dari awal pertemuan ini dapat kita jadikan sebagai media untuk menuntul ilmu atau “Tolabul Ilmi”,dimana Ilmu itu akan lebih bagus dan bermanfaat jika kita berikan lagi kepada orang-orang yang sama ingin belajar atau menuntut Ilmu.
Baik untuk pertemuan kali ini kita akan sama-sama membahas tentang “Cara Install Windows XP”,mungkin kedengarannya banyak sekali diperbincangkan atau dibahas pada blog-blog yang lain atau pada forum yang lain,tapi demi menambah pengetahuan dan wawasan kita untuk OS yang sangat legend dan sempat berjaya pada massanya,mari kita simak bersama-sama bagaimana langkah-langkah untuk melakukan Install Windows XP.
Untuk langkah-langkahnya mari kita simak langkah-langkah dibawah ini:
1.Siapkan peralatan seperti Master Windows XP yang sudah berbentuk CD Drive atau Bootable Flashdisk,jika kita belum punya maka dapat kita download Master Windows XP yang sangat banyak sekali di Internet.
2.Setting BIOS agar Primary Boot berada pada Drive yang akan kita gunakan untuk menginstall Windows XP.

3.Pada monitor setelah proses penyimpanan setting dari BIOS maka akan muncul tampilan “Press any key to boot from CD-ROM”yang berarti menginstruksikan kita untuk melakukan penekanan pada sembarang tombol untuk melanjutkan booting paa media instalasi.
4.Setelah proses penekanan tombol sembarang dilakukan maka akan muncul tampilan serba biru dengan ditandakannya penyiapan file system atau driver dan kernel yang akan digunakan untuk proses instalasi selanjutnya.

5.Setelah proses penyiapan file system,driver,kernel,dll.Maka akan muncul halaman lagi seperti dibawah ini.

Dimana dalam Hal ini ada beberapa fungsi Tombol yang dapat kita lihat yaitu:
  ENTER
Digunakan untuk menginstall Windows XP Dengan asumsi Partisi harddisk yang dipilih.
C            
Digunakan untuk membuat partisi harddisk yang baru sebelum melakukan instalasi.
F3
Digunakan untuk keluar dan tidak melanjutkan instalasi.
6.Setelah  itu kita lakukan untuk menekan C ,Karena dalam hal ini kita akan membuat partisi harddisk baru.
Dan untuk melanjutakan dalam membuat patisi harddisk baru lalu kita tekan ENTER.
7.Lalu kita dihadapkan lagi pada pilihan partisi yang akan digunakan sebagai tempat instalasi Windows.
Disini juga dapat kita lihat beberapa Fungsi Tombol seperti :
ENTER
Digunakan untuk melanjutkan Instalasi.
D            
Digunakan untuk menghapus partisi harddisk.
Maka kita lanjutkan dengan menekan ENTER karena kita akan melanjutkan proses instalasi.
8.Lalu pada langkah ini kita dihadapkan lagi pada langkah pemilihan metode format,seperti yang ada pada gambar dibawah ini.
-Format the partition using the NTFS file system (Quick) = Merupakan metode Format dengan file system NTFS dengan melakukan format yang cepat atau tidak membutuhkan waktu yang lama.

-Format the partition using the FAT file system (Quick) = Merupakan metode Format dengan file system FAT dengan melakukan format yang cepat atau tidak membutuhkan waktu yang lama.

-Format the partition using the NTFS file system = Merupakan metode format dengan file system NTFS dengan melakukan format yang membutuhkan waktu yang agak lama (metode ini dianjurkan jika keadaan harddisk masih baru).

-Format the partition using the FAT file system = Merupakan metode format dengan file system FAT dengan melakukan format yang membutuhkan waktu yang agak lama (metode ini dianjurkan jika keadaan harddisk masih baru).

Untuk hal ini kita melakukan Metode format yang pertama yakni “Format the partition using the NTFS file system (Quick)”,sehingga tidak memakan waktu yang lama untuk prosesnya,dan ditandai seperti gambar dibawah ini.
9.Setelah proses format selesai maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini yang menandakan sedang berlangsungnya proses penyalinan data Sistem Operasi,untuk proses ini kita harus bersabar menunggu,karena mungkin agak sedikit memakan waktu lama.
10.Setelah proses penyalinan data selesai maka Komputer akan melakukan restart dan ditandainya dengan Animasi Booting Ala Windows XP,serta dilanjutkan langkah instalasi seperti Gambar dibawah ini.
11.Dalam gambar seperti diatas kita juga menunggu untuk proses instalasi selanjutnya dalam hal ini mouse pada Komputer kita sudah bisa digerakkan.Lalu muncul halaman seperti dibawah ini yang dilakukan untuk mengatur metode input Keyboard-Lalu kita Klik Next.
12.Lalu kita dihadapkan pada halaman untuk mengatur nama User pada Komputer kita,isikan sesuai dengan keinginan kita.Lalu kita klik Next.

13.Dan pada langkah ini kjika kita ingin memberikan password pada user yang kita buat tadi maka kita dapat mengisikan password yang diinginkan dan jika kita tidak menghendakinya,maka cukup langsung kita klik Next saja.


14.Setelah langkah diatas kila lanjtkan maka kita akan dihadapkan lagi pada halaman yang mengharuskan kita untuk menentukan waktu atau jam dan tanggal sesuai dengan wilayah kita.Untuk ini bisa kita isikan padapilihan Bangkok,Hanoi,Jakarta.Lalu klik Next.

15.Lalu kita akan dihadapkan pada tampilan yang mengindikasikan penyimpanan settingan dari beberapa settingan yang kita setting tadi.
16.Dan kita dihadapkan lagi untuk mengatur settingan jaringan,selanjutnya kita pilih Typical Settings.Lalu klik Next.


17.Dan kita lagi-lagi dihadapkan pada settingan yang digunakan untuk mengisikan domain PC,dapat kita isikan sesuai dengan kehendak kita.Lalu klik Next.
18.Setelah itu kita dihadapkan pada indicator penyimpanan setting yang terakhir Tadi,seperti gambar dibawah ini.

19.Dan setelah proses penyimpanan setting selesai maka Komputer akan menampilkan tampilan seperti dibawah untuk melakukan setting default mengenai resolusi layar.Lalu klik OK.
20.Dan untuk melanjutkan sebagai langkah penetapan resolusi layar yang dilakukan system operasi ,maka kita tekan OK,untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

21.Lalu akan muncul jendela loading setelah melakukan penyimpanan yang kita lakukan tadi.
22.Lalu kita dihadapkan pada halaman seperti dibwah ini dan untuk melanjutkannya kita klik Next.
23.Lalu kita dihadapkan pada setting Protect PC ,kita  pilih help protect my pc by turning  on Automatic Updates Now.Lalu klik Next.

24.Lalu dihadapkan pada tampilan help to conncet internet,maka kita lakukan skip saja.

25.Lalu pada langkah Register kita pilih No no at this time.

26.Lalu kita dihadapkan lagi untuk mengatur beberapa user jika kita ingin membuat lebih dari satu user,maka kita lakukan pengisian satu user saja,untuk isinya sesuai dengan keinginan kita.Lalu klik Next.

27.Dan pada halaman terakhir ini kita klik Finish.
28.Proses instalasi telah selesai dengan ditandainya tampilan desktop yang bersih,mengingat karena belum adanya apliksai pendukung yang diinstal,dan untuk tahap selanjutnya bisa kita lakukan instalai pendukung seperti Microsoft Office ,dll.
Dan saya rasa sekian untuk pembahasan kita kali ini,semoga apa yang kita pelajari bersama-sama pada kali ini akan memberikan manfaat serta wawasan tersendiri bagi para pembaca atau pengunjung blog yang sederhana ini,dan apabila dirasa bermanfaat silahkan share pada laman facebook ,twitter ,dll.Agar nantinya banyak sekali orang yang bertukar ilmu atau menuntut ilmu pada postingan yang akan datang.
Terimakasih,mohon maaf jika ada typo dalam penulisan dengan bahasa yang sedikit rancu mungkin mengingat kita ini manusia,selamat berktifitas dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.
Waallaikumussalam Wr.Wb
































Share:

0 comments:

Post a Comment

BTemplates.com

Powered by Blogger.

5 Rekomendasi Ultrabook Paling Tipis 2018

Ultrabook merupakan sebuah jenis laptop yang memimiliki nilai produktifitas tinggi, sehingga laptop dengan jenis ini sangat ideal jika digu...

Search This Blog

Blog Archive

Blog Archive