Wadah edukasi,pembelajaran,dan pembahasan seputar Komputer dan IT (Information Technology)

April 2, 2017

Tutorial Mengatasi Komputer yang Sering Restart / Shutdown dengan sendiri

Assalamuallaikum Wr.Wb


Jumpa kembali tentunya pada postingan blog yang sangat sederhana ini kembali kali ini kita akan membahas sebelumnya tentang Power Supply dan untuk sekarang tentang Tutorial mengatasi Komputer yang sering restart atau shutdown dengan sendiri,untuk bulan ini kita ambil sedikit tema tentang hardware Komputer ,yang sedikit mengarah ke troubleshooting.

Terkadang kasus restart atau shutdown Komputer sering terjadi karena banyak faktor diantaranya perlunya perbaikan,perawatan atau update software system operasi atau aplikasi yang terpasang,karena semua faktor tersebut hal yang sangat sangat mempengaruhi kinerja Komputer apalagi jika usia Komputer tersebut sudah dibilang sepuh (tua).

Dan biasanya kita mengambil langkah untuk membawa masalah tersebut ke Teknisi Komputer namun terkadang para teknisi hanya mengambil jalan pintas dengan menginstall ulang saja Sistem Operasi yang digunakan padahal belum tentu juga system operasinya yang bermasalah bisa jadi hardware yang perlu perawatan.

Dan setelah install ulang OS dilakukan jika masalah masih sering terjadi maka kita harus mengencangkan pinggang segera ambil tindakan diantaranya.

1.Pemeriksaan /Perawatan sector hardware:
                a.Pemeriksaan RAM .
                b.Pemeriksaan HSF(Heat Sink Fan) baik pada processor maupun pada VGA Jika ada.
                c.Pembersihan bagian dalam casing Komputer.
                d.Pembersihan pada masing-masing hardware.
                e.Melakukan cross check dengan satu per satu hardware.

            2.Pemeriksaan / Perawatan Sektor Software:
                a.Pemeriksaan Update Software aplikasi yang terpasang.
                b.Pengurangan Aplikasi yang memberatkan Kinerja Komputer.
                c.Mematikan update yang terus berjalan karena memakan resource memory yang rakus.
                d.Melakukan install ulang Sistem Operasi jika diperlukan.

Setelah langkah-langkah tersebut kita klarifikasi dan kita laksanakan makadapat tersimpul secara spesifik untuk mengambil tindakan pada masalah yang terjadi,sehingga kembali pada tujuan awal inilah cara mengatasinya.Dan untuk penjabaran secara teknis langkah-langkah pemeriksaan diatas kita sambung pada postingan selanjutnya sehingga dapat terfokus untuk menjelaskan dan mempelajari bagaimana urutan-urutan untuk mengatasi masalah seperti kasus di postingan ini.Sekian tutorial ini semoga dari yang sedikit saya sampaikan dapat membantu agan-agan dalam mengatasi masalah Komputer yang sering restart atau malah sering shutdown dengan sendiri,selamat beaktifitas dan sampai Jumpa pada postingan yang akan datang.

Waallaikumussalam Wr.Wb

Share:

0 comments:

Post a Comment

BTemplates.com

Powered by Blogger.

5 Rekomendasi Ultrabook Paling Tipis 2018

Ultrabook merupakan sebuah jenis laptop yang memimiliki nilai produktifitas tinggi, sehingga laptop dengan jenis ini sangat ideal jika digu...

Search This Blog

Blog Archive

Blog Archive