Wadah edukasi,pembelajaran,dan pembahasan seputar Komputer dan IT (Information Technology)

April 6, 2017

Tutorial Perawatan Harddisk

Assalamuallaikum Wr.Wb

Jumpa kembali tentunya untuk pembaca setia blog yang sederhana ini mengenai pembahasan hari kemarin tentang mengatasi Komputer yang hang atau restart sendiri, saya rasa cukup sudah karena kemarin kita sudah bersama-sama membahas baik dari penanganan dari sisi hardware dan sisi software,untuk pertemuan kali ini kita akan membahas tentang “Tutorial Perawatan Harddisk”.


Seperti yang kita ketahui harddisk merupakan perangkat yang fungsinya untuk menyimpan data baik itu file system operasi,dll.Dan biasanya harddisk ini mempunyai banyak sekali permasalahan-dan permasalahan yang sangat vital jika terjadi pada Komputer pribadi kita,maka disini kita akan membahas secara bersama sama bagaimana cara merawat harddIsk yang baik dan benar,oke langsung saja.
Berikut langkah-langkahnya:

1.Jangan sering melakukan install ulang pada harddisk meskipun Komputer terasa enteng setelah diinstall,yak arena dengan melakukan format otomatis akan memperpendekumur harddisk karena terus menerus diformat jika durasi atau jarak install ulang tersebut dapat terbilang cepat missal satu bulan sekali kita install.

2.Menyimpan file dengan struktur yang rapi,lho karena apa?,kadang kita menyimpan file hanya tinggal disembarang tempat dan ketika suatu saat kita membutuhkan file tersebut kita terkadang kebingungan hingga terpaksa mencari indeks nama file dengan menggunakan fungsi search pada windows explorer,dan tentunya dapat berdampak pada kinerja computer jika system operasi menyimpan terlalu banyak index atau history pencarian.

3.Rutin melakukan defragment pada harddisk yang berfungsi untuk menyusun kembali file-file yang mungkin ganda atau yang mengandung virus,minimal 5 bulan sekalidalam melakukan defrag langkah-langkahnya pun mudah Klik Start-All Programs-Accessories-System Tools-Disk Defragmenter-pilih Partisi yang ingin di defragment disk.


3.Jangan sering-sering memutar music,lho kenapa?,memutar music dengan durasi waktu yang lama memang sedikit menguras kinerja harddisk apalagi jika film yang diputar karna dalam pekerjaan ini harddisk bekerja sangat keras dalam membaca file sehingga track dan sector akan bekerja secara maksimal.

4.Perlu diketahui untuk penggunaan hardcore seperti gaming yang dilakukan secara terus menerus memang memakan  resource hardware yang lebih apalagi harddisk,jika keadaan seperti bermain game-game berat perlu peralkuan khusus untuk harddisk karna disatu sisi dapat memperpendek umur harddisk dan untuk penggunaan yang lebih maksimal dianjurkan untuk menggunakn SSD (Solid State Drive) untuk penggunaan Sistem Operasi dan harddisk untuk penyimpanan data sehingga dapat memperingan kinerja Komputer.

5.Menginstall software yang dibutuhkan saja,karena penggunan software yang banyak dapat memakan ruang harddisk  pada partisi harddisk yang digunakan untuk system operasi sehingga dapat berpengaruh pada saat proses booting.

Oke saya rasa sekian dulu mengenai “Tutorial Perawatan Harddisk” ,semoga dari yang sedikit ini dapat member manfaat tersendiri bagi para pembaca khususnya,yang telah sudi membaca dan mampir pada sebuah blog yang sederhana ini,dan apabila bermanfaat bagikan ke laman facebook atau media lainnya juga tak apa agar banyak orang yang ingin membaca dan bergabung untuk mengular seputar dunia Komputer,selamat beraktifitas dan sampai jumpa pada postingan yang akan datang.

Waallaikumussalam Wr.Wb

Share:

0 comments:

Post a Comment

BTemplates.com

Powered by Blogger.

5 Rekomendasi Ultrabook Paling Tipis 2018

Ultrabook merupakan sebuah jenis laptop yang memimiliki nilai produktifitas tinggi, sehingga laptop dengan jenis ini sangat ideal jika digu...

Search This Blog

Blog Archive

Blog Archive