Wadah edukasi,pembelajaran,dan pembahasan seputar Komputer dan IT (Information Technology)

May 12, 2017

Install OS dengan VirtualBox

Install OS Dengan VirtualBox,setelah kita ngalor ngidul bahas sana-sini ini-itu,dan pada kesempatan kali ini kita akan sama-sama membahas tentang cara Install Os dengan Virtual Box,untuk yang sebelumnya mengetahui dan mengerti apa itu VirtualBox mungkin sudah tidak asing lagi,namun bagi yang belum mengerti tidak ada salahnya juga jika kali ini kita bahas kembali meskipun artikel seperti ini sering ditulis oleh master-master blog yang lain.


VirtualBox merupakan VmWare?,nah apa itu VmWare?,merupakan software yang berfungsi untuk melakukan instalasi Sistem Operasi Diatas Sistem operasi,maksud dari pengertian ini adalah jika pada komputer kita sudah terinstall Sistem Operasi maka jika suatu saat kita ingin mencoba dan mempelajari Sistem Operasi yang hendak akan kita jadikan percobaan atau pembelajaran kita dapat menginstallnya tanpa harus menginstall secara langsung,namun kita menggunakan media software VmWare tersebut sehingga seolah-olah kita mempunyai 2 perangkat komputer.

Untuk instalasi VirtualBox dapat kita lakukan pengunduhan pada website resminya di https://www.virtualbox.org/wiki/Downloads dan untuk langkah instalasinya sangatlah mudah sekali kita hanya perlu melakukan klik next-next saja pada langkah-langkahnya.Dan setelah langkah langkah instalasi tersebut selesai maka kita lanjutkan dengan membuat konfigurasi yang digunakna untuk menginstall Sistem Operasi yang kita inginkan,untuk langkah-langkahnya mari kita simak ulasan dibawah ini:

1.Buka Software VirtualBox dan setelah muncul jendela konfigurasi klik New pada pojok kiri atas.

Setelah kita mengisi nama OS yang akan diinstall serta memilih vendor Sistem Operasi serta memilih versi Sistem operasi yang dikehendaki maka dilanjutkan dengan klik Next.

2.Lalu kita akna dihadapkan pada jendela yang digunakan untuk menentukan kapasitas RAM yang digunakan untuk menginstall Sistem Operasi,dalam hal ini karena menggunakan sistem operasi windows 7 maka kapasitas yang kita praktikkan pada tutorial ini kita berikan 512 MB.Lalu jika sudah kita klik Next.

3.Lalu kita akan dihadapkan lagi pada jendela yang digunakan untuk membuat Harddisk Virtual yang digunakan untuk menginstall Sistem Operasi yang kita hendaki.Lali kita Klik pada “Create a virtual hard drive now”-Lalu klik Create.
  

Setelah klik Create maka akan muncul jendela seperti dibawah maka kita klik pada choice VHD (Virtual Hard Disk)-Lalu klik next. 

Dan kita akan dihapakan lagi  pada jendela seperti dibawah ini maka kita klik Dynamic Allocated lalu klik Next.

Setelah itu kita dihapkan pada jendela seperti dibawah ini uyntuk menentukan besaran kapasitas ukuran Harddisk yang akan kita gunakan dan setelah kita atur maka selanjutnya kita klik Create.

Setelah proses diatas selesai maka selanjutnya kita lakukan setting Boot pada saat nanti OS diload.

4.Klik kanan pada deretan Nama Sistem Operasi yang tadi kita konfigurasi lalu Klik Settings-Masuk pada Tab System-Lalu kita lakukan setting pada Boot Order untuk menentukan media mana yang dibuat sebagai media boot.


5.Setelah itu masuk pada Tab menu Network dibawah Lalku setting Ethernet yang tadinya NAT menjadi Host-Only Adapter-Klik pada Advanced-Ubah Promiscuous Mode-menjadi Allow All.



6.Lalu jika kita akan melakukan instalasi maka kita lakukan pemberian Master Sistem Operasi dengan media Virtual CD-Rom dengan membubuhkan file ISO yang digunakan untuk melakukan installasi dengan cara.Masuk Tab Storage-Pada Symbol CD Klik.


Lalu akan muncul pilihan yang mengahruskan kita untuk melakukan pemilihan pada file ISO yang dimaksud.

Lalu kita tentukan file ISO yang akan dijadikan master saat menginstall sistem operasi lalu klik open.

Setelah semua kita setting maka langkah terakhir untuk menyimpannya kita lakukan Klik OK.


Dan untuk menjalankan Sistem Operasi yang kita konfigurasi maka kita lanjutkan dengan menekan tombol Start.

Dan pada saat start kita juga dapat mengkonfigurasi boot order dengan menekan tombol F12,selanjutnya lakukanlah langkah instalasi seperti biasa.

Saya rasa cukup setelah kita bahas panjang lebar,dari postingan dan pembahasan diatas,semoga dari yang sedikit ini dapat memberi manfaat serta wawasan tersendiri bagi para pembaca dan pengunjung Tutor Kecil,dan jika dirasa bermanfaat silahkan share saja pada media sosial agar lebih banyak lagi orang yang berkunjung dan bertukar ilmu di tempat yang sederhana ini.

Mohon maaf jika ada salah kata atau typo dengan penggunaan bahasa yang rancu,selamat beraktifitas dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Share:

0 comments:

Post a Comment

BTemplates.com

Powered by Blogger.

5 Rekomendasi Ultrabook Paling Tipis 2018

Ultrabook merupakan sebuah jenis laptop yang memimiliki nilai produktifitas tinggi, sehingga laptop dengan jenis ini sangat ideal jika digu...

Search This Blog

Blog Archive