Wadah edukasi,pembelajaran,dan pembahasan seputar Komputer dan IT (Information Technology)

May 26, 2017

Tutorial Mencuci Motherboard Komputer

Salam jumpa kembali tentunya untuk pertemuan kali ini,semoga yang sedang gurau atau lagi galau karena perempuan dapat segera terobati,baik karena Diputusin Diduain atau Dicampakin tentu rasanya sakit.Walah kok malah jadi curhat ceritanya,mungkin efek si admin ni lagi patah hati tapi tidak dengan semangat ngeblognya.

Setelah kita panjang lebar curhat maka untuk kesempatan kita kali ini kita akan bersama-sama membahas tentang Tutorial Mencuci Motherboard Komputer,dan tentunya pembahasan kita kali ini tak kalah menarik pasalnya judulnya sendiripun terlalu menimbulkan banyak kontroversi tentunya.

Pencucian motherboard sendiri dilakukan karena adanya aspek-aspek yang ada sehingga kita lakukan tindakan dengan melakukan pencucian,adapun aspek-aspek yang membuat kita untuk melakukan pencucian motherboard,yaitu:

- Rusaknya Motherboard

Kerusakan yang dimaksud ini meliputi gejala-gejala yang terjadi pada motherboard yang hendak dicuci adapun gejala yang sering terjadi diantaranya,sering terjadinya resatart atau bahkan shutdown dengan sendirinya meskipun sudah dilakukan maintenance pada sektor software maupun hardware seta gelaja motherboard yang telah mati total.

Namun perlu diingat setiap resiko yang ditanggung dalam melakukan tindakan ini kami selaku Tutor Kecil tidak bertanggung jawab karena ada beberapa studi kasus yang ada muncul berbagai dampak diantaranya,ada yang motherboardnya dapat kembali hidup normal ada juga yang malah menjadi mati total.
Dan untuk langkah-langkahnya mari kita simak ulasan dibawah ini:

1.Lepaskan komponen yang ada pada Motherboard yaitu RAM,Processor,dan Battery CMOS.Perlu diingat karena Battery CMOS ini merupakan sumber listrik sehingga dalam proses pencucian diharapkan untuk dilepas agar tidak terjadi konsleting saat motherboard dicuci,mengingat air merupakan konduktor listrik yang baik.


2.Setelah semua komponen kita lepas maka selanjutnya adalah proses perendaman motherboard dengan air sampai benar-benar terendam.


 
3.Selanjutnya dilakukan dengan pembilasan dengan melakukan penyikatan pada motherboard dan bagian belakang motherboard,tetapi perlu diingat pada bagian socket RAM dan processor tidak usah dilakukan penyikatan karena akan mengakibatkan bengkoknya pin konektor yang ada.


4.Setelah proses pembilasan pertama selesai maka langkah selanjutnya untuk menambahkan sabun atau detergen guna untuk membersihkan kembali motherboard.Untuk pembersihannya sama dengan langkah pertama tadi.



5.Jika proses pembersihan selesai maka bilas kembali motherboard yang kita cuci tadi sampai semua busa yang ada hilang.Dan langkah selanjutnya adalah proses pengeringan.


Perlu kita tambahkan lagi tentunya jika kita mempunyai hairdryer maka dapat juga kita gunakan untuk mempercepat proses pengeringan.Karena untuk proses pengeringan ini Motherboard harus benar-benar dalam keadaaan kering agar tidak terjadi konsleting saat dihidupkan.

Dan saya rasa cukup untuk pembahasan kita kali ini,semoga dari yang sedikit ini dapat memberikan manfaat serta wawasan tersendiri tentunya,dan jika dirasa bermanfaat silahkan share saja agar nantinya bertambah banyak lagi orang yang datang dan berkunjung ditempat yang sederhana ini.

Mohon maaf jika ada salah kata atau typo dengan penggunaan bahasa yang rancu,selamat beraktifitas dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.
Share:

0 comments:

Post a Comment

BTemplates.com

Powered by Blogger.

5 Rekomendasi Ultrabook Paling Tipis 2018

Ultrabook merupakan sebuah jenis laptop yang memimiliki nilai produktifitas tinggi, sehingga laptop dengan jenis ini sangat ideal jika digu...

Search This Blog

Blog Archive