Wadah edukasi,pembelajaran,dan pembahasan seputar Komputer dan IT (Information Technology)

May 20, 2017

Konfigurasi IP Address pada Debian Server



Apa kabar semuanya,setelah kemarin panjang lebar membahas tentang cara menginstall sistem operasi debian yang sangat panjang sekali tentunya,dan untuk kesempatan kali ini kita akan mengawali pembahasan kita dalam masalah konfigurasi Debian ini dari yang paling dasar sekali tentunya,dan untuk itu mari kita akan bersama-sama membahas tentang Konfigurasi IP Address pada Debian.


Mengapa konfiguarasi ini paling dasar?,karena setelah kita melakukan konfigurasi ini maka selanjutnya kita akan dihadapkan dengan konfigurasi DNS,DHCP,Web Server,dll.Dan pada pembahasan selanjutnya tentunya wajib kita harus bisa melakukan konfigurasi pada IP Address pada server Debian yang akan kita konfigurasi ini.

Dan untuk pembaca yang mungkin sudah mengetahui tentang pembahasan yang kita bahas untuk pertemuan kali ini,agar nantinya dapat memberi tambahan apabila ada yang perlu ditambahkan.

1.Kita eksekusi perintah “nano /etc/network/interfaces”,tanpa tanda kutip tentunya.


2.Lalu akan muncul tampilan text editor guna untuk melakukan konfigurasi IP yang akan kita setting nantinya sebagai gateway jaringan lokal.Isikan konfigurasi tersebut seperti pada gambar dibawah ini.


3.Lalu simpan hasil konfiguarsi tersebut dengan menekan tombol CTRL+X dan jika ada pesan seperti gambar dibawah,maka kita diharuskan menekan tombol Y guna untuk menyimpan hasil konfigurasi tersebut. 


4.Setelah hasil konfigurasi diatas berhasil kita simpanmaka langkah selanjutnya adalah melakukan restart pada service networking dengan mengetikkan perintah “service networking restart”.tanpa tanda kutip tentunya.


Dan jika muncul indikasi Reconfiguring network interfaces…done..,maka langkah untuk mengatur IP Address pada server Debian tersebut sudah selesai.

5.Dan untuk mengetahui ringkasan konfigurasi networking yang kita setting tadi dengan mengeksekusi perintah “ifconfig”,tanpa tanda kutip tentunya.seperti yang ada pada gambar dibawah ini.



Dan saya rasa cukup untuk pembahasan singkat ini,dan mudah-mudahan dapat segera dipahami agar nantinya kita dapat melanjutkan ke konfigurasi selanjutnya yang berkaitan dengan konfigurasi Hostname,maka terus ikuti perkembangan dari blog yang sederhana ini.

Semoga dari yang sedikit ini dapat memberi manfaat bagi kita semua tentunya,dan jika dirasa bermanfaat silahkan share saja agar nantinya lebih banyak lagi orang yang berkunjung dan bertukar ilmu ditempat yang sederhana ini.

Mohon maaf jika ada salah kata atau typo dengan penggunaan bahasa yang rancu,selamat beraktifitas dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.



Share:

0 comments:

Post a Comment

BTemplates.com

Powered by Blogger.

5 Rekomendasi Ultrabook Paling Tipis 2018

Ultrabook merupakan sebuah jenis laptop yang memimiliki nilai produktifitas tinggi, sehingga laptop dengan jenis ini sangat ideal jika digu...

Search This Blog

Blog Archive