Wadah edukasi,pembelajaran,dan pembahasan seputar Komputer dan IT (Information Technology)

May 20, 2017

Install Windows Server 2008



Apa kabar semuanya semoga selalu sehat baik jasmani maupun rohani,dan untuk kali ini kita akan membahas bersama-sama lagi tentunya jika kemarin kita membahas tentang instalasi sistem operasi jaringan bebasis CLI maka kali ini akan mencoba untuk melakukan instalasi sistem operasi jaringan yang berbasis GUI,dengan menggunakan Windows Server 2008.


Mungkin dari sebagian pembaca dan pengunjung sudah mengetahui tentang langkah-langkah dalam melakukan instalasi pada Windows Server ini dapat menambahkan jika ada yang kurang,dan bagi yang belum mengetahui agar dapat dilanjutkan dengan menyimak bersama-sama bagaimana caranya untuk melakukan Instalasi Windows Server 2008 ini.

Dan jika kita sebelumnya kita pernah melakukan instalasi pada sistem operasi Windows 7,maka sebenarnya langkah yang kita lakukan hampir sama,perbedaannya hanya ada pada saat kita diharuskan memberikan password Administrator.

Dalam melakukan instalasi ini tentunya kita membutuhkan Master sistem operasi Windows Server 2008 yang tentunya dapat kita download disini.

Dan untuk langkah-langkahnya mari kita simak ulasan dibawah ini:

1.Lakukan setting Boot pada media yang akan digunakan saat melakukan instalasi Jika menggunakan DVD yang sudah diburning maka dilanjutkan dengan mengatur Boot primary pada DVD Rom,dan jika menggunakan flashdisk sebagai bootable seperti tutorial disini maka kita atur Flashdisk tersebut sebagai Primary Boot pada BIOS,dan jika kita hanya ingin menginstall dengan menggunakan Virtual Box dapat kita lihat langkah-langkah konfigurasinya disini.

2.Setelah mengatur boot yang kita tentukan untuk melakukan instalasi Windows Server 2008 ini,maka saat pertama kalinya tentu ad instruksi yang mengharuskan kita untuk menekan tombol sembarang yang digunakan untuk melanjutkan proses instalasi dengan ditandainya tampilan pada monitor Press any key to boot from media bootable.

3.Setelah itu lalu kita akan dihadapkan pada tampilan seperti dibawah ini yang kita lakukan untuk melanjutkannya adalah dengan melakukan klik Next untuk melanjutkan proses Instalasi. . 



4.Akan dilanjutkan lagi dengan tampilan seperti dibawah ini maka kita klik Install Now.

5.Lalu akan ditandai dengan proses penyiapan file sehingga akan muncul lagi tampilan seperti dibawah ini yang diharuskan untuk mengisikan seriual Number yang digunakan untuk aktivasi Windows Server tersebut,dan jika kita tidak mempunyai serial numbernya maka berikan tanda centang pada Automatically activate Windows when Im online.

6.Dan jika muncul pertanyaan seperti dibawah ini maka kita klik Yes.


7.Pada menu ini kita dihapkan dengan pemilihan jenis sistem operasi Windows Server dan untuk langkah ini kita pilih versi Windows Server Standard.

8.Lalu kita akan dihadapkan pada jendela lisensi dan untuk melanjutkan pproses selanjutnya maka kita lakukan dengan menyetujui pernyataan lisensi tersebut dengan memberikan tanda centang pada I accept the license terms.


9.Pada langkah selanjutnya kita akan dihapkan dengan type instalasi dan jika kita ingin melakukan upgrade jika sebelumnya sudah terinstall Windows Server 2003 maka dapat kita lakukan Upgrade dan jika kita menginginkan versi Clean Install atau memang didalam harddisk tersebut belum terdapat Sistem Operasi sama sekali maka kita pilih Custom.


10.Dan pada langkah selanjutnya maka kita akan dihadapkan  lagi pada jendela yang tentunya digunakan untuk mengatur harddisk dan partisi harddisk yang ingin kita tentukan pada langkah instalasi ini.Karena dalam hal ini saya menggunakan VirtualBox dalam langkah instalasinya maka disini saya langsung saja melakukan klik next untuk melanjutkan instalasi. 


11.Setelah melakukan klik next dan melewati tahap penentuan harddisk atau partisi harddisk maka selanjutnya adalah proses penyalinan file sistem operasi sehingga kita diharuskan menunggu proses tersebut. 

 
Setelah proses tersebut selesai maka komputer akan melakukan restart secara otomatis.


Setelah proses restart selesai maka pada startup akan ditandai dengan tampilan seperti dibawah ini yang menandakan proses penyiapan registry pada sistem operasi yang sedang diinstal ini.




Lalu komputer kembali melakukan proses penyalinan file sama seperti saat seperti tadi namun pada langkah ini prosesnya tidak lama dan setelah itu komputer akan kembali melakukan restart secara otomatis.


12.Setelah komputer selesai menyalin file-file sistem operasi maka langkah selanjutnya adalah ditandai dengan konfigurasi pemberian password Administrator seperti tampilan dibawah ini dan untuk melanjutkan langkah selanjutnya kita klik OK. 


13.Lalu kita dihadapkan pada jendela pengaturan Konfigurasi password Administrator dengan memasukkan password yang kita kehendaki dengan mengisinya secara dua kali pada Kolom Pertama dan Kedua.Dan untuk melanjutkan langkah selanjutnya dapat kita lakukan dengan melakukan Klik pada tombol panah. 




14.Lalu jika proses pemberian password berhasil akan ditandai dengan halaman seperti dibawah ini,dan untuk melanjutkanya dapat kita lakukan dengan Klik OK.


15.Lalu kita akan dihadapkan dengan jendela seperti dibawah yang mengindikasikan proses penyiapan desktop untuk pertama kalinya.




16.Dan jika proses penyiapan Desktop untuk pertamakalinya sudah selesai maka kita akan disuguhkan dengan tampilan desktop ala Windows Server 2008 seperti dibawah ini yang menandakan bahwa proses instalasi tersebut sudah berhasil dan selesai.



Dan langkah selanjutnya adalah dengan melakukan berbagai konfigurasi-konfigurasiyang tentunya akan kita bahas nanti dilain hari.

Panjang sekali memang namun demi pemahaman yang lebih dalam lagi tentu kita harus giat belajar dari langkah awal yang tentunya sebagai pondasi  kita untuk menggali lebih dalam lagi pengetahuan dalam dunia jaringan ini.

Saya rasa cukup untuk pembahasan kita kali ini,semoga dari yang sedikit ini dapat memberi manfaat atau wawasan tersendiri tentunya bagi para pembaca dan pengunjung Tutor Kecil yang sederhana ini,dan jika dirasa bermanfaat silahkan share saja agar nantinya bertambah banyak lagi orang yang bertukar ilmu ditempat yang sederhana ini.

Mohon maaf jika ada salah kata atau typo dengan pengunaan bahasa yang rancu,selamat beraktifitas dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Share:

0 comments:

Post a Comment

BTemplates.com

Powered by Blogger.

5 Rekomendasi Ultrabook Paling Tipis 2018

Ultrabook merupakan sebuah jenis laptop yang memimiliki nilai produktifitas tinggi, sehingga laptop dengan jenis ini sangat ideal jika digu...

Search This Blog

Blog Archive