Wadah edukasi,pembelajaran,dan pembahasan seputar Komputer dan IT (Information Technology)

May 20, 2017

Konfigurasi DNS pada Debian Server

Apa kabar semuanya,semoga senantiasa sehat,dan untuk kesemapatan kali ini kita akan bersama-sama membahas tentang Konfiguras DNS Server pada Debian,yang tentunya sebagai kelanjutan pembahasan kita kemarin yaitu tentang cara Konfigurasi Hostname,dan tentunya pembahasan kali ini tidak kalah menarik.


Dan bagi para pembaca dan pengunjung Blog yang sederhana ini jika ada yang sudah faham dan mengerti tentang topik pembahasan yang akan kita bahas disini,agar sekiranya dapat memberikan tambahan jika dirasa ada yang kurang.

Dan berikut langkah-langkahnya.


1.Install paket aplikasi DNS server dengan menggunakan software bind9 dengan mengetikkan perintah instalasi “apt-get install bind9”,tanpa tanda kutip tentunya.Dan jika muncul pertanyaan untuk melanjutkan silahkan ketik tombol Y lalu tekan  enter.

2.Langkah selanjutnya masuk pada direktori bind dengan mengetikkan perintah “cd /etc/bind”,tanpa tanda kutip tentunya,kemudian dilanjutkan untuk mengubah file konfigurasi named.conf.local kita ketikkan perintah “nano named.conf.local”,tanpa tanda kutip tentunya.

3.Setelah muncul jendela konfigurasi lakukan perubahan konfigurasi dengan mengetikkan beberapa syntak seperti gambar dibawah ini,dan jika sudah silahkan simpan dengan menekan tombol CTRL+X Lalu tekan Y untuk melanjutkan.

4.Langkah selanjutnya adalah mengkopi file db.local dan db.127 dengan nama db.tutorkecil.co.id dan db.192 dengan mengetikkan perintah “cp db.local db.tutorkecil.co.id” lalu dilanjutkan dengan “cp db.127 db.192”,tanpa tanda kutip tentunya.

5.Lalu kita lakukan konfigurasi pada file db.tutorkecil.co.id dengan mengetikkan perintah “nano db.tutorkecil.co.id”,tanpa tanda kutip tentunya.

Lalu akan muncul halaman konfigurasi dan selanjutnya buatlah konfigurasi seperti gambar dibawah ini.

Jika sudah silahkan disimpan seperti langkah tadi.

6.Selanjutnya kita lakukan konfigurasi lagi pada file db.192 dengan mengetikkan perintah “nano db.192”,tanpa tanda kutip tentunya.

Lalu akan muncul halaman konfigurasi dan selanjutnya buatlah konfigurasi seperti gambar dibawah ini.

Jika sudah silahkan disimpan seperti langkah tadi.

7.Lalu langkah selanjutnya adalah konfigurasi file resolv.conf yang berada pada direktori /etc dan untuk melakukan perubahan konfigurasi dapat kita lakukan dengan mengetikkan perintah “nano /etc/resolv.conf”,tanpa tanda kutip tentunya.

Lalu akan muncul halaman konfigurasi dan selanjutnya buatlah konfigurasi seperti gambar dibawah ini.

Jika sudah silahkan disimpan seperti langkah tadi.

8.Setelah langkah demi langkah konfigurasi selesai maka langkah selanjutnya adalah melakukan retart pada service atau layanan bind9 ini.Dengan mengetikkan perintah “service bind9 restart”,tanpa tanda kutip tentunya.

9.Untuk melakukan hasil konfigurasi yang kita buat dapat dilakukan dengan mengetikkan perintah “nslookup tutorkecil.co.id”,tanpa tanda kutip tentunya.

Atau dengan perintah “nslookup www.tutorkecil.co.id”,tanpa tanda kutip tentunya.

Atau bisa juga dengan mengetikkan perintah “nslookup 192.168.11.1”,tanpa tanda kutip tentunya.Dimana 192.168.11.1 merupakan alamat IP dari server yang kita konfigurasi.

Panjang sekali memang dan perlu diingat jangan sampai kita salah mengetikkan baik perintah maupun syntax yang kita gunakan sebagai konfigurasi karena dapat mengakibatkan kegagalan pada konfigurasi tersebut.

Mudah-mudahan dari yang sedikit ini dapat memberi manfaat tersendiri tentunya bagi para pembaca Tutor Kecil ini,dan jika dirasa bermanfaat silahkan share saja,agar nantinya bertambah banyak lagi orang yang berkunjungdan bertukar ilmu ditempat yang sederhana ini.

Mohon maaf jika ada salah kata atau typo dengan penggunaan bahasa yang rancu,selamat beraktifitas dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.
Share:

0 comments:

Post a Comment

BTemplates.com

Powered by Blogger.

5 Rekomendasi Ultrabook Paling Tipis 2018

Ultrabook merupakan sebuah jenis laptop yang memimiliki nilai produktifitas tinggi, sehingga laptop dengan jenis ini sangat ideal jika digu...

Search This Blog

Blog Archive