Wadah edukasi,pembelajaran,dan pembahasan seputar Komputer dan IT (Information Technology)

May 25, 2017

Konfigurasi NTP pada Deban Server

Salam jumpa kembali tentunya untuk mengawali pertemuan kita kali ini yang tentunya masih bersama-sama membahas seputar dunia Networking,dan untuk kesempatan kali ini kita akan bersama-sama membahas tentang Konfigurasi NTP Server.

Dimana ntp ini merupakan service yang berfungsi untuk men sinkronkan waktu didalam jaringan lokal /intranet sehingga waktu yang ada pada sisi server dan client akan sama persis,sehingga nantinya setelah melakukan konfigurasi ini kita akan dimudahkan dalam analisa yang mengarah dalam indikasi yang ada pada waktu.

Dan bagi yang sudah mengetahui tentantg langkah konfigurasi ini,agar nantinya dapat memberi tambahan jika dirasa ada yang perlu ditambahkan.

Dan untuk langkahnya langsung saja kita simak:

1.Install paket NTP server pada debian dengan mengetikkan perintah “apt-get install ntp ntpdate”,tanpa tanda kutip tentunya.


2.Dan jika langkah instalasi selesai maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan konfigurasi pada etc/ntp.conf,dengan menetikkan perintah “nano /etc/ntp.conf”,tanpa tanda kutip tentunya.


3.Lalu akan muncul tampilan text editor yang digunakan untuk melakukan perubahan konfigurasi selanjutnya lakukan perubahan konfigurasi seperti gambar dibawah ini.


Beri tanda # didepan server0 hingga pada server3,lalu tambahkan parameter “server 127.127.1.0 iburst” dan “fudge 127.127.1.0 stratum 10”.

Dimana iburst digunakan untuk mempercepat waktu sinkronisasi dengan server NTP.
Dan fudge dugunakan untuk mengakuratkan waktu dengan server NTP.

Lalu simpan hasil konfigurasi tersebut.

4.Langkah selanjutnya lakuakn restart pada service NTP yang baru saja kita konfigurasi tadi dengan mengetikkan perintah “service ntp restart”,tanpa tanda kutip tentunya.


5.Dan untuk memeriksa hasil konfigurasi silahkan masukkan perintah “ntpq –p”,tanpa tanda kutip tentunya.


Dan dapat kita lihat ada tanda * yang berada didepan LOCAL yang menandakan ketika semua client sudah sinkron dengan server NTP tersebut.

Langkah selanjutnya berikut tahapan setting pada client agar dapat men sinkronkan waktu dengan server NTP yang kita konfigurasi tadi.

Control Panel-Masuk pada Group Clock.Language,and Region-Set the time and date-Masuk pada Internet Time-Klik Change settings-Masukkan alamat IP Address server kita-Lalu klik Update Now-Klik OK.


Langkah diatas jika kita menggunakan Windows 10,namun langkah diatas juga tidak beda jauh jika kita menggunakan sistem operasi pada client yang menggunkan Windows 7 atau dibawahnya.

Saya rasa cukup sampai disini untuk pembahasan kita kali ini,semoga dari yang sedkit ini dapat memberi manfaat tersendiri tentunya untuk para pembaca dan pengunjung Tutor Kecil yang sederhana ini,dan jika dirasa bermanfaat silahkan share saja agar nantinya banyak orang yang bertukar ilmu ditempat yang sederhana ini.

Mohon maaf jika ada salah kata atau typo dengan penggunaan bahasa yang rancu,selamat beraktifitas dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.

Share:

0 comments:

Post a Comment

BTemplates.com

Powered by Blogger.

5 Rekomendasi Ultrabook Paling Tipis 2018

Ultrabook merupakan sebuah jenis laptop yang memimiliki nilai produktifitas tinggi, sehingga laptop dengan jenis ini sangat ideal jika digu...

Search This Blog

Blog Archive