Wadah edukasi,pembelajaran,dan pembahasan seputar Komputer dan IT (Information Technology)

May 21, 2017

Pengertian Protokol Jaringan

Jumpa kembali tentunya untuk kesempatan kali ini kita akan membahas bersama-sama tentang Jenis Protokol Pada Jaringan,seperti yang diketahui Protokol merupakan sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengizinkan terjadinya hubungan,komunikasi,komunikasi data antara dua atau lebih komputer.
Berikut kita bahas bersama-sama tentang kenis-jenis protokol dan penjabarannya.

1.Protokol TCP/IP
Transmission Control Protocol/Internet Protocol merupakan protokol yang berfungsi untukmengatur pengalamatan komputer.Protokol yang bersifat routable ini yang berarti dapat digunakan untuk menghubungkan sistem yang berbeda untuk membentuk jaringan yang bersifat heterogen.
 
2.UDP
User Datagram Protocol,merupakan salah satu protokol lapisan transport TCP/IP yang mendukung komunikasi yang tidak handal (unreliable) tanpa koneksi (connectionless) antara host yang ada didalam jaringan dengan menggunakan protokol TCP/IP,serta protokol ini didefinisikan dalam RFC 768.
 
3.DNS
Domain Name System,merupakan protokol yang digunakan untuk mengatur pencarian nama komputer (hostname) pada jaringan yang menggunakan protokol TCP/IP.Protokol ini biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke intenet seperti web browser atau e-mail,sehingga DNS ini berguna untuk memetakan hostname sebuah komputer ke dalam IP address agar mudah diingat tanpa harus mengingat IP address yang ada.
 
4.ICMP
Internet Control Message Protocol.merupakan protokol yang berbeda tujuan dengan TCP dan UDP karena dalam ICMP tidak digunakan secara langsung dalam pengguna jaringan.Salah satu aplikasinya adalah aplikasi ping yang yang mengirimkan pesan ICMP echo request dan menerima echo reply untuk menentukan apakan host tujuan dapat dijangkau untuk saling berkomunikasi dan berapa lama paket yang dikirimkan dibalas oleh host tujuan.Dan protokol ICMP juga digunakan untuk mengirim pesan kesalahan seperti mengindikasikan bahawa host tujuan tidak dapat dijangkau untuk melakukan komunikasi didalam jaringan.
 
5.POP 3
Post Office Protocol,merupakan protokol yang digunakan untuk mengambil e-mail dari e-mail server.Protokol ini dibuat untuk design sistem dari sistem e-mail yang mengharuskan adanya e-mail server yang menampung e-mail untuk sementara e-mail tersebut diambil oleh penerima yang berhak.
 
6.IMAP
Internet Message Access Protocol,merupakan protokol standar yang digunakan untuk pengiriman surat elektronik atau e-mail dalam jaringan untuk mengirimkan data dari host pengirim surat elektronik ke server surat elaktronik penerima.
 
7.HTTP
Hyper Text Transfer Protocol,merupakan suatu protokol yang digunakan oleh WWW (Worls Wide Web).Protokol ini mendefinisikan bagaimana suatu pesan bisa diformat dan dikirimkan dari server ke client.Protokol ini juga mengatur tindakan apa saja yang harus dilakukan oleh web server dan web browser sebagai tindakan atas perintah-perintah yang ada pada protokol ini.
 
8.HTTPS
HTTPS,merupakan protokol versi aman dari HTTP.Ditemukan oleh Netscape Navigator Corp untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi atau ter enkripsi dan penggunaan dalam komersi elektris.Dan pada umumnya protokol HTTPS berada pada port 443.
 
9.SSH
Secure Shell,merupakan protokol yang memungkinkan pertukaran data secara aman antar dua host di dalam jaringan.Protokol ini dapat digunakan untuk mengendalikan atau me-remote komputer dari jarak jauh,membuat tunnel yang terenkripsi.Protokol ini tentu lebih baik jika dibanding dengan protokolyang sejenis seperti FTP,Telnet karena protokol ini memiliki sistem Autentikasi,Ototisasi dan enkrisinya sendiri.
 
10.TELNET
Telecommunication Network,merupakan protokol jaringan yang digunakna untuk jaringan internet atau intranet (lokal)dan dikembangkan pada 1969 dan ditetapkan sebagai standarisasi IETF STD 8,merupakan salah satu standar internet pertama.TELNET memiliki beberapa celah sehingga dianggap sebagai resiko atau ancaman keamanan pada jaringan.

11.FTP
File Transfer Protocol,merupakan protokol yang berjalan pada lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk melakukan transfer data file atau berkas komputer antar host atau komputer yang berada pada jaringan tersebut.Protokol ini melakukan komunikasi antara server dengan client sehingga untuk mengambil data tersebut dilakukan autentikasi standar dengan menggunakan username dan password yang dikirim dengan tidak dienkripsi dan untuk pengguna yang belum terdapat dapat melakukan autentikasi dengan mode Anonymous.Untuk mengakses FTP dapat dipanggil dengan mengetikkan ftp://namaserver baik pada browser atau pada bar di windows explorer.
 
12.LDAP
Lightweight Directory Access Protocol,merupakan protokol perangkat lunak untuk memungkinkan semua orang mencari resoure informasi organisiasi atau perorangan seperti file atau printer dalam jaringan internet maupun intranet.Dengan protokol ini,seseorang dapat mencari informasimengenai orang lain tanpa mengetahui lokasi orang yang akan dicari.
 
13.SSL
Secure Socket Layer,merupakan arguably internet yang paling digunakan untuk melakukan enkripsi sehingga SSL ini sering digunakan untuk mengenkripsi pengiriman informasi pada internet.Protokol ini tidak mendukung file encryption,access-control,atau proteksi virus seihingga SSL ini tidak dapat membantu mengatur data sensitif setelah dan sebelum pengiriman yang aman.Dan protokol ini terdiri dari dua sub protokol SSL Record dan SSL Handshake.
 
14.Serial Line Protocol
Serial Line Protocol,merupakan protokol yang memungkinkan pemindahan data IP melalui saluran telepon.Sistem ini memerlukan satu komputer server sebagai penampungnya,dan secara perlahan akan digantikan dengan standar PPP yang memiliki kecepatan proses lebih tinggi.

15.Ponit-to-Point Protocol
Ponit-to-Point Protocol,merupakan protokol enkapsulasi paket jaringan yang banyakdigunakan untuk WAN (Wide Area Network),merupak protokol standar industri yang berjalan pada lapisan data-link dan dikembangkan pada awal tahun 1990-an sebagai respon dari masalah prtokol SLIP (Serial Lini Internet Protocol),yang hanya mendukung pengalamatan IP statis pada kliennya.PPP didefinisikan pada RFC 1961 dan RFC 1662.

Demikian untuk pembahasan kali ini yang masih mengenai pengenalan pada Jaringan Komputer,semoga dari yang sedikit ini dapat memberi sedikit meanfaat dan menambah wawasan tersendiri bagi para pembacanya,dan jika dirasa bermanfaat silahkan di share pada media sosial agar lebih banyak lagi orang yang berkunjung di tempat yang sederhana ini.

Mohon maaf jika ada salah kata atau typo dengan penggunaan bahasa yang rancu,selamat beraktifitas dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.
Share:

0 comments:

Post a Comment

BTemplates.com

Powered by Blogger.

5 Rekomendasi Ultrabook Paling Tipis 2018

Ultrabook merupakan sebuah jenis laptop yang memimiliki nilai produktifitas tinggi, sehingga laptop dengan jenis ini sangat ideal jika digu...

Search This Blog

Blog Archive